HomeAppetizerAstra International Bersama Plug and Play Mengembangkan Lima Startup

Astra International Bersama Plug and Play Mengembangkan Lima Startup

Kolaborasi ini ditujukan untuk membina dan mengembangkan lima startup pilihan | Pixabay

PT Astra International Tbk (ASII) mengumumkan kerjasamanya dengan Plug and Play, akselerator startup global yang berfokus pada startup berbasis teknologi. Kolaborasi ini ditujukan untuk membina dan mengembangkan lima startup pilihan yang telah melalui proses kurasi. Hal ini diungkapkan dalam acara Public Expose Marathon di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (9/8).

Menurut Paulus Bambang Widjanarko, Direktur Astra International, kelima startup yang akan dikembangkan tersebut berasal dari bidang otomotif dan keuangan. Paulus menambahkan, kreativitas dalam pembentukan ide menjadi alasan pemilihan kelima startup tersebut. Namun identitas kelima startup tersebut sementara ini masih dirahasiakan.

Astra akan mengikuti standar dari Plug and Play dalam mengembangkan lima startup tersebut. Salah satu tahapan yang harus dilalui kelima startup tersebut adalah entrepreneur camp. Paulus menegaskan jika pengembangan startup seharusnya dimulai dari bimbingan dan pengenalan market, bukan pendanaan seperti yang selama ini dikira.

“Yang dibutuhkan startup itu bimbingan dan pengenalan market dulu, bukan pendanaan. Pendanaan itu lebih mudah didapatkan daripada mentorship,” ujarnya.

Bulan Mei lalu, Plug and Play mengumumkan pemilihan 11 (sebelas) startup dari Indonesia yang terpilih mendapatkan program akselerasi selama tiga bulan. Masing-masing startup tersebut diberikan pendanaan sebesar $50 ribu (sekitar 668 juta Rupiah). Sebelas startup tersebut diseleksi dari sekitar 400 startup dari seluruh Indonesia dan beberapa negara lain seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, India, dan Jerman.

Selain dengan Astra, Plug and Play juga bekerjasama dengan Gan Kapital, BNI, Sinarmas, dan BTN. Plug and Play telah menyatakan komitmen mereka untuk berinvestasi di startup Indonesia sebanyak 50 startup per tahun dalam bentuk dana sebesar $10 juta.