HomeAppetizerKemitraan Ant Financial dan EMTEK Melahirkan DANA

Kemitraan Ant Financial dan EMTEK Melahirkan DANA

office-620822_1280

DANA adalah manifestasi Alipay di Indonesia. | Pixabay

Perusahaan gabungan EMTEK dan Ant Financial yang bergerak di layanan pembayaran dikabarkan telah melahirkan satu entitas baru bernama DANA. Menurut kabar dari DailySocial, DANA akan menjadi platform pembayaran di BlackBerry Messenger yang merupakan pusat ekosistem digital EMTEK.

Ant Financial Services Group melalui Alipay merupakan anak perusahaan Alibaba Group yang bergerak di bidang finansial. Di negeri asalnya Cina, Alipay telah digunakan oleh lebih dari 450 juta konsumen. Keberhasilannya memberikan solusi pembayaran dan jasa keuangan akan diimplementasikan untuk menghadirkan layanan keuangan berbasis teknologi di Indonesia.

Joint venture EMTEK dan Ant Financial yang telah diumumkan sejak bulan April 2017  lalu kabarnya akan terintegrasi dengan BBM. Seperti diketahui bersama BBM  telah menjadi platform sosial dengan 63 juta pengguna aktif di Indonesia. BBM telah terhubung dengan e-commerce (BBM Shopping), berita, travel, hingga game. DANA kabarnya dirancang untuk mempermudah pembayaran berbagai layanan yang terkoneksi dengan BBM tersebut.

Indonesia dengan jumlah pengguna internet  132,7 juta orang menurut dari survei  Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), berarti ada lebih dari setengah penduduk Indonesia yang sudah melek internet. Tentu saja  jumlah ini berbanding terbalik dengan masyarakat yang memiliki akses perbankan yang hanya sebanyak 36%. Untuk itu saat ini, Indonesia memang butuh solusi pembayaran digital yang bisa dinikmati segala kalangan. Tak heran jika layanan finasial yang berbasis teknologi tumbuh subur belakangan ini.

Berikut ini hal-hal yang terkait dengan informasi DANA, EMTEK, dan Ant Financial:

  1. Ekosistem digital yang dimiliki EMTEK antara lain: media (Liputan6.com, Bola.com, Bintang.com, dan Vidio.com), e-commerce (BukaLapak, PropertyGuru, Kudo, Hijup.com, Bobobobo.com, Rumah.com, Rumahdijual.com, dan Reservasi.com), dan lainnya (Ice House, BlackBerry Messenger, Indopay, Bridestory, dan masih banyak lagi).
  2. Sebelum DANA, EMTEK telah mengakuisisi dua perusahaan e-money: Espay dan DOKU.
  3. Kita sempat mendengar tentang BBM Pay, DANA diperkirakan juga akan menjadi platform di belakang BBM Pay.
  4. Yang menarik untuk disimak ialah sejauh apa Alipay akan bersinergi dengan EMTEK. Karena kita juga mengetahui bahwa Alibaba sebagai perusahaan induk Alipay, memiliki Tokopedia sebagai portofolionya. Tokopedia sendiri bersaing langsung dengan BukaLapak.